Sabtu, 28 April 2012

BONGKAR ajA mEtic Loo



Mau tau cara merawat motor metic honda lo?..
Gw punya sedikt ilmu yg mngkn bisa bermanfaat buat motor lo enak di pakenya.Masalah yang sering kali di temukan di metik honda itu apa aja sih?. .

  • Kok metic gw STATER  kakinya KERAS/MACET?
  • DINAMO staternya kok BERISIK banget?
  • Rem belakangnya  TIDAK PAKEM?
  • METIC gw jalannya OLENG?
  • knapaya knalpotnya kadang MELETUS?
  • Trus stirnya KERAS?. Atau ada lubang malah BUNYI?
Yang pertama itu, periksa aja driven gearnya (pd gbr 1,2) .kalo emang 
rusak ya ganti aja ,kalo masih bagus kasih aja grease/gamuk pada gear 
ama klipnya seperti yang ditunjukkan pada gambar ok.


Kalo yang kedua itu periksa aja gear staternya atau biasa di sebut gear stater opinion (pd gbr 3 di samping) kalo udah ga rata pada bagian gearnya ya diganti aja ok.


Rem tromol tidak pakem itu sama ko penyakitnya. yaitu kotor karna kemasukan debu .
Solusinya dicuci aja sama sabun colek, tapi dengan sabun yang cukup banyak sampe
berwarna sabun tuh airnya baik kampas terlebih tromolnya ok.


Kemudian keolengan motor itu dipengaruhi banyak hal termasuk yang harus di periksa
adalah lahar roda, stirnya keras, minyak absorbernya tidak rata/silnya bocor, ban luarnya
sudah tidak bagus. dari semua kmungkinan diatas yang paling sering di temui adalah
ban luar yang memiliki kembang ban yang sudah tidak rata bagian kanan dan kirinya.


Kalo setirnya keras ya di longgarin aja trus kalo bunyi tinggal kerasin ajakan. tapi kalo dilonggarin tambah longgar, dikerasin malah tambah keras trus susah dibelok.dan klo ada lubang malah bunyi  ganti aja bearing stirnya , ets kalo yang ini  blom tentu bagus jadinya, kalo kurang berpengalaman sebaiknya bawa aja ke bengkel yang tepercaya....